Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Ajak Kader Nasyiatul Aisyiyah Awasi Pemilu

Sosialisasi Bawaslu di NA

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Wahyudi Sutrisno menjadi narasumber pada acara Konsolidasi Wilayah Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA) Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan ( 7/1/24).

KAJEN - Bawaslu Provinsi Jawa Tengah mengajak kader Nasyiatul Aisyiyah di Jawa Tengah untuk menjadi bagian dari pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024. Hal itu disampaikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Wahyudi Sutrisno pada acara Konsolidasi Wilayah Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA) Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan ( 7/1/24).

“Keterlibatan masyarakat untuk menjadi bagian dalam pengawasan partisipatif akan meminimalisir terjadinya pelanggaran, karena jumlah SDM Bawaslu yang terbatas” ujar Wahyudi.

Selanjutnya Wahyudi mengungkapkan bahwa tantangan Pemilu 2024 dan yang akan datang berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena pelanggaran yang terjadi tidak lagi bersifat konvensional tetapi juga merambah ke dunia digital.

“Dulu berita bohong dan ujaran kebencian disebarkan melalui ceramah atau pamflet tetapi sekarang disebarkan melalui media sosial. Dulu politik uang dilakukan dengan  bagi-bagi amplop, sekarang politik uang dibagikan melalui dompet digital seperti shopee pay, ovo, gopay dan lain-lain”, tambahnya.

Sebagai bentuk pencegahan terhadap pelanggaran Pemilu di dunia digital, Bawaslu Propinsi Jawa Tengah telah membentuk relawan patroli cyber dan membentuk gugus tugas pengawasan konten internet yang diikuti oleh Bawaslu Kabupaten/Kota Se – Jawa Tengah.

“Dengan makin banyaknya pihak yang terlibat dalam melakukan pengawasan kita berharap dapat membantu mewujudkan Pemilu yang berkualitas dan berintegritas.” pungkas Wahyudi.

Editor: Humas Bawaslu Jateng

Humas Bawaslu Kabupaten Pekalongan