Minggu, 16 Mei 2021, WIB

Breaking News

Kamis, 08 Apr 2021, 14:26:14 WIB, 39 View Administrator, Kategori : Bawaslu Kabupaten

Foto: Ketua Bawaslu Kab. Pekalongan, Ahmad Dzul Fahmi (Paling Kanan) saat meresmikan Desa Sumur Jomblangbogo, Kamis (8/4), di Aula Desa Sumur Jomblangbogo, Kec. Bojong.

 

Bojong- Usai mengembangkan Desa Bugangan sebagai desa pengawasan, kini Bawaslu kabupaten Pekalongan meresmikan Desa Sumur Jomblangbogo menjadi desa pengawasan, pada Kamis, (8/4), di Aula Desa Sumur Jomblangbogo, Kecamatan Bojong.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Ahmad Dzul Fahmi mengatakan, dengan adanya pengembangan ini diharapkan masyarakat terbentuk karakter pengawas partisipatif sejak dini. Meskipun di tahun ini tidak ada Pemilu maupun Pilkada.

"Sosialisasi dan pengembangan desa pengawasan ini merupakan bekal awal bagi masyarakat khususnya Desa Sumur Jomblangbogo dalam membentuk karakter desa pengawas partisipatif" Ujarnya.

Dalam acara peresmian ini dihadiri oleh masyarakat Desa Sumur Jomblangbogo dan dari Polsek Bojong. Tidak hanya itu, acara ini juga turut dihadiri oleh Kabag Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Setyo Pramudi.

Setyo Pramudi dalam sambutannya mengatakan, ada dua program pengawasan Bawaslu di tahun 2021 yaitu program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) dan Program Pengembangan Desa Pengawasan.

"Mengapa kita memilih dan memulai program ini dari desa, karena masyarakat desa dapat berperan aktif untuk turut mengawasi Pemilu dan Pilkada nantinya" Ungkap Setyo.

Melalui pengembangan desa pengawasan ini, Setyo menambahkan, peresmian desa pengawasan ini diharapkan bisa menebarkan virus-virus pengawasan bagi desa lain untuk turut menjadi masyarakat partisipatif pemilu maupun pilkada di masa yang akan datang.

“Saya harap, mulai dari desa ini bisa menebarkan virus-virus pengawas partisipatif bagi desa lain untuk turut berperan dalam pengawasan pemilu maupun pilkada” Pungkasnya.


Laporan: Agus Salim
Editor: Humas Bawaslu Kab. Pekalongan



MoU dengan Baznas, Abhan: Bisa Cegah Zakat untuk Politik Praktis
Kamis, 06 Mei 2021, 09:47:05 WIB, Dibaca : 17 Kali
Bawaslu se-Indonesia Gelar Doa Bersama Korban KRI Nanggala 402
Selasa, 27 Apr 2021, 13:21:17 WIB, Dibaca : 25 Kali
Laksanakan Reformasi Birokrasi, Bawaslu Terus Upayakan Pembangunan Zona WBK dan WBBM
Jumat, 23 Apr 2021, 09:00:50 WIB, Dibaca : 43 Kali

Tuliskan Komentar