Sabtu, 24 Oktober 2020, WIB

Breaking News

Rabu, 30 Sep 2020, 16:56:14 WIB, 87 View Administrator, Kategori : Bawaslu Kabupaten


Kajen- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan menertibkan ratusan APK Ilegal yang dipasang oleh masing-masing paslon Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan di ruas jalan utama Kabupaten Pekalongan yang merupakan daerah pemilihan, pada Rabu, (30/9).

Penertiban tersebut dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Pekalongan atas rekomendasi dari Bawaslu dan didampingi oleh Pengawas Kecamatan, KPU, Dishub, dan Polres Pekalongan mengingat 26 September 2020 sudah memasuki tahapan kampanye.

Bahwa berdasarkan laporan penertiban yang dilakukan sampai dengan  saat ini Pukul 16.00 WIB ada 7 Kecamatan yang sudah melaporkan penertiban APK. Bawaslu beserta jajaran telah menertibkan sebanyak 244 APK yang terdiri dari 112 baliho dan 112 spanduk serta 20 alat peraga lainnya.  Adapun lokasi tersebut di. Kec. Kesesi, Kec. Kandangserang, Kec. Petungkriyono. Kec. Paninggaran. Kec. Doro. Kec. Karanganyar. Kec. Lebakbarang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Ahmad Dzul Fahmi mengatakan pemasangan APK pasangan calon bupati dan wakil bupati akan difasilitasi oleh KPU dan dapat dilakukan penambahan APK oleh masing-masing pasangan calon (APK mandiri) yang jumlah dan tempatnya telah diatur dalam peraturan KPU. Sehingga yang terpasang adalah APK ilegal/liar dan tak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“APK yg ditertibkan dijalan belum ada nomor urut dan gambar partai pengusung” Ungkap Fahmi.

Fahmi juga menambahkan, "Dinamakan ilegal karena sebenarnya APK yg resmi/legal itu difasilitasi dari KPU dan masing-masing paslon dengan desain yang telah disetujui oleh KPU". Katanya.

Sebelumnya bawaslu telah melakukan koordinasi dengan stakeholder perihal penertiban APK tersebut.

"Sebelum penertiban APK kami juga sudah koordinasi dengan stakeholder" Pungkasnya.

Laporan: Agus Salim
Editor: Humas Bawaslu Kab. Pekalongan



Fritz Minta Pengawasan Medsos Lebih Jeli, Pembuat Kampanye Hitam Bisa Ditindak
Jumat, 23 Okt 2020, 09:30:25 WIB, Dibaca : 9 Kali
Afifuddin : ASN Harus (Bunuh) Ekspresi dalam Pilkada
Rabu, 21 Okt 2020, 09:04:50 WIB, Dibaca : 14 Kali
CEGAH KLASTER BARU, 455 PENGAWAS JALANI RAPID TES KEDUA
Senin, 19 Okt 2020, 16:42:39 WIB, Dibaca : 55 Kali

Tuliskan Komentar