Sabtu, 31 Juli 2021, WIB

Breaking News

Kamis, 27 Agu 2020, 13:27:53 WIB, 3054 View Administrator, Kategori : Bawaslu Kabupaten

Foto: Kordiv Pengawasan dan Hubal, Ulil Albab (Kanan) saat menyampaikan materi Rakor via Zoom, Kamis 27 Agustus 2020, Pukul 09.00 WIB.


Kajen- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan oleh Pengawas ditingkat kecamatan dan tingkat desa/kelurahan dalam mengawasi rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP). Diantaranya, Pengawas kecamatan wajib menginstruksikan kepada jajaran Pengawas Desa/Kelurahan untuk melakukan koordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam hal pengawasan penyusunan DPHP hasil Pencocokkan dan Penelitian (Coklit). Karena DPHP yang disusun berpotensi keliru atau perlu dikoreksi.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal, Ulil Albab saat rapat koordinasi via Zoom di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Kamis 27 Agustus 2020, pukul 09.00 WIB. Rakor tersebut membahas  terkait sosialisasi pengawasan pencalonan pada pilkada 2020 yang diikuti oleh seluruh pengawas kecamatan se-Kabupaten Pekalongan.

“Fokusnya adalah Pengawas Kecamatan tingkatkan koordinasi dengan pengawas desa dalam hal pengawasan penyusunan DPHP,karena banyak potensi-potensi daftar pemilih untuk dikoreksi” Ungkap Ulil.

Pengawas kecamatan melakukan pengawasan melekat kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) karena saat ini PPK sedang melakukan penginputan DPHP melalui Sistem Daftar Pemilih (SIDALIH), sejauh mana PPK mengupload nama-nama daftar pemilih dalam Sidali dan memastikan data yang diupload sesuai atau termutakhir.

“Pastikan data pemilih sesuai, artinya yang memenuhi syarat (MS) dimasukkan, dan tidak memenuhi syarat (TMS) tidak dimasukkan, sehingga mudah-mudahan data pemilih dalam Pilkada 2020 mendekati valid dan akurat” Pungkasnya.

Laporan: Agus Salim
Editor: Humas Bawaslu Kab. Pekalongan



Bawaslu Gelar Doa Bersama, Abhan: Ikhtiar dan Harapan Agar Pandemi Cepat Berlalu
Senin, 12 Jul 2021, 14:02:18 WIB, Dibaca : 25 Kali
Enam Kali Bawaslu Terima WTP, Abhan: Bisa Jadi Motivasi agar Semakin Baik
Senin, 12 Jul 2021, 13:56:49 WIB, Dibaca : 23 Kali
BELAJAR MELAWAN HOAKS PEMILU DARI EROPA
Senin, 05 Jul 2021, 21:06:30 WIB, Dibaca : 42 Kali

Tuliskan Komentar