Senin, 19 Oktober 2020, WIB

Breaking News

Jumat, 08 Nov 2019, 13:46:36 WIB, 298 View Administrator, Kategori : Bawaslu Kabupaten

Kajen - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan akan lebih mengedepankan pencegahan maka dari itu dalam waktu dekat ini Bawaslu Kabupaten Pekalongan siap bentuk desa pengawasan di wilayah Kabupaten Pekalongan.

Pembentukan desa pengawasan merupakan salah satu upaya Bawaslu Kabupaten Pekalongan dalam mengedepankan pencegahan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang nanti akan terjadi berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada 2020. Deklarasi yang direncanakan  tanggal 3 November 2019 akan dilaksanakan di Kajen Kabupaten Pekalongan, tepatnya didepan Kantor Bawaslu Kabupaten Pekalongan.

Desa yang akan melaksanakan Deklarasi tersebut ialah Desa Sabarwangi, Desa Sangkanjoyo dan Kelurahan Kajen. Bawaslu beberapa kali telah melakukan Koordinasi dengan Stackholder dan instansi terkait.

Dalam koordinasi tersebut, dilakukan pembahasan tentang kegiatan apa saja yang nantinya akan dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Pekalongan bersama dengan warga desa, jadwal, dan peserta kegiatan. Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pembentukan desa pengawasan ini akan dilakukan sebanyak 4 (empat) kali disetiap desanya dengan peserta sosialisasi yang beragam.

Peserta kegiatan sosialisasi tersebut diantaranya terdiri dari perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuda/pelajar, jama’ah pengajian, dll. Pembentukan desa ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi desa lainnya di Kabupaten Pekalongan akan pentingnya menolak segala bentuk politik uang serta mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilu sehingga dapat menjadi pemilihan umum yang berintegritas.

Pembentukan Desa Pengawasan diharapkan menjadi gerakan oleh masyarakat yang secara sistematis dalam upaya mencegah terjadinya politik uang pada pada pilkada 2020 maupun pemilu yang akan datang.

Diharapkan berawal dari pembentukan Desa Pengawasan Partisipatif dan pertemuan antara warga dengan Bawaslu Kabupaten Pekalongan dapat menumbuhkan Tingkat kesadaran Hukum masyarakat untuk terlibat aktif mengawal jalannya demokrasi di Pekalongan dengan baik.

Editor : Humas Bawaslu Kab. Pekalongan



CEGAH KLASTER BARU, 455 PENGAWAS JALANI RAPID TES KEDUA
Senin, 19 Okt 2020, 16:42:39 WIB, Dibaca : 33 Kali
PENDAFTARAN PTPS DIPERPANJANG, INI LOKASINYA
Jumat, 16 Okt 2020, 11:16:16 WIB, Dibaca : 80 Kali
MELANGGAR NETRALITAS, BAWASLU KIRIM REKOMENDASI KE PIHAK TERKAIT
Senin, 12 Okt 2020, 15:15:04 WIB, Dibaca : 80 Kali

Tuliskan Komentar