Lompat ke isi utama

Berita

Konsolidasi dengan Panwaslucam, Bawaslu : Banyak Kerja Pencegahan, Minimalisir Penindakan

Konsolidasi dengan Panwaslucam, Bawaslu : Banyak Kerja Pencegahan, Minimalisir Penindakan

 


Badan pengawas pemnilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan menekankan pentingnya memperbanyak upaya pencegahan dalam pengawasan pemilihan umum (pemilu) serentak 2024.

Hal itu diungkapkan oleh Kordiv Pencegahan, Humas dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Budi Nur Hadi Wibowo disela-sela Konsolidasi Bawaslu dengan Panwaslu Kecamatan di Hotel Santika, Kamis, (15/09/2023).

“Pencegahan harus kita utamakan dan perbanyak bapak-ibu,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pencegahan harus menjadi maindset pengawas. Jika bawaslu memaksimalkan upaya pencegahan, menurutnya akan meminimalisir pelanggaran. Sehingga kerja-kerja pengawas akan lebih ringan.

“Maindset pengawas itu adalah di pencegahannya, semakin banyak pencegahan, kerja-kerja penindakan lebih ringan,” tambahnya.

Selain itu, Budi juga menyebut pencegahan itu ruhnya pengawasan. Seorang pengawas pemilu harus sering membangun komunikasi dengan banyak pihak, memberikan imbauan kepada KPU dan peserta pemilu dan menjaga hubungan baik.

“Ya, ruhnya pengawasan di pencegahan dan komunikasi’” tutupnya.

Kordiv Organisasi, SDM dan Diklat, M Anis Sofwan mengatakan di tahapan yang semakin padat ini dirinya berpesan untuk menjaga soliditas. Menurutnya SDM ibarat tubuh pengawas pemilu.

“Tahapan akan semakin banyak, bapak dan ibu harus memperkuat soliditas. Karena SDM adalah tubuhnya panwaslu,” katanya.