Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gelar ToT Pelatihan Saksi Peserta Pemilu 2024

Bawaslu Gelar ToT Pelatihan Saksi Peserta Pemilu 2024

Bawaslu Kabupaten Pekalongan Gelar ToT Pelatihan Saksi Peserta Pemilu 2024, 7-8 Februari 2024
 

 

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan menggelar Training of Trainer (ToT) penguatan kapasitas saksi peserta Pemilu 2024 Rabu-Kamis, 7-8 Februari 2024.

Kegiatan ToT bagi saksi di TPS melibatkan pelatih saksi internal dari partai politik, pelatih saksi DPD RI, pelatih saksi pasangan Capres-Cawapres masing-masing satu orang, dan pemantau Pemilu.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para saksi dengan pengetahuan dan regulasi terkait pemungutan dan penghitungan suara, sehingga dapat meminimalisir potensi pelanggaran pada saat tahapan krusial tersebut.

Ketua Bawaslu Pekalongan, Mohamad Tohir menyampaikan, bahwa TOT ini penting untuk memastikan para saksi parpol memahami tugas dan fungsinya dengan baik.

"Jangan sampai nanti ada pelanggaran-pelanggaran saat pungut hitung suara, jadi TOT ini tujuannya untuk meminimalisir," kata Tohir.

Lebih lanjut, Tohir menuturkan bahwa saksi parpol tidak hanya bertugas untuk menyaksikan jalannya pemungutan dan penghitungan suara, tetapi juga dapat membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan.

"Jadi saksi itu juga nanti dapat membantu Bawaslu mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dengan baik," ujarnya.

Tohir berharap melalui kegiatan TOT ini, Bawaslu dan parpol dapat memiliki pemahaman yang sama terkait regulasi pemungutan dan penghitungan suara, sehingga penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Pekalongan dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari pelanggaran.

Humas Bawaslu Kabupaten Pekalongan